Monday, March 13, 2017

Bledug Kuwu Yang Ada Di Purwodadi

Bledug Kuwu

Bleduk kuwu terletak di Desa Kuwu ber Kecamatan Kradenan, ber Kabupaten Grobogan Purwodadi jawa Tengah. Bledug Kuwu merupakan sebuah kawah lumpur atau bisa disebut dengan mud volcano. Untuk mencapai ke Bleguk Kuwu ini bisa ditempuh kurang lebih 28 Kilometer ke arah timur kota Purwodadi. Tempat ini adalah salah satu wisata andalan yang dimiliki daerah Desa kuwu,purwodadi Grobogan yang menjadi daya tarik pengunjung adalah adanya letupan-letupan lumpur yang memiliki kandungan garam dan letupannya berlangsung terus menerus antara 2 menit sampai 3 menit dan letupanya hampir mirip dengan banjir lumpur seperti di sidoharjo. Pastinya anda penasaran dengan Bleduk Kuwu ini, untuk lebih jelasnya lagi dan lebih mengenalnya lagi ada beberapa cara untuk mengenalnya dari segi Geologi, Etimologi, Kandungan Garam, Legenda dan Pranala Ular.
Bledug Kuwu Yang Ada Di Purwodadi

Geologi dari Bledug Kuwu

Dilihat secara Geologi Bledug Kuwu ini seperti kawah lumpur biasanya yang dimana ada aktivitas pelepasan gas dari dalam bumi, gas yang dikeluarkan biasanya disebut dengan metana. Bledug Kuwu adalah kawah lumpur satu-satunya yang ada di Jawa Tengah. Letupan-letupan lumpur yang dipunyai Bledug Kuwu ini membawa larutan kaya akan mineral.

Etimologi dari Bledug Kuwu

Nama Bledug Kuwu berasal dari kata bledug yang artinya kawah lumpur dan kenapa dinamai bleduk kuwu? karena kawah lumpur ini terletak di Desa Kuwu. Kawah lumpur ini melepaskan lumpur mineral secara berkala 2 menit sampai 3 menit berbentuk letupan besar setinggi hingga 2meter. Mineral yang terkandung dalam kawah lumpur itu dimanfaatkan masyarakat setempat untuk membuat konsentrat garam yang biasanya disebut bleng yang fungsinya sebagai pembuatan kerupuk karak.

Kandungan Garam Yang Di Miliki Bledug Kuwu

Yang kita ketahui bahwa luapan kawah lumpur Blegug kuwu ini mengandung garam sehingga masyarakat memanfaatkannya sebagai bahan untuk membuat garam bleng. Untuk membuat garam bleng ada caranya dengan menampung air dari bledug itu kedalam glagah atau bisa dikenal juga dengan batang bambu yang dibelah menjadi dua dan mengkeringkannya.

Legenda dari Bledug Kuwu

Kita akan belajar tentang legenda yang dimiliki Bledug kuwu, menurut cerita masyarakat secara turun temurun bahwa yang mengakibatkan adanya bledug kuwu adalah adanya lubang yang menghubungkan antara tempat keberadaan bledug kuwu dengan laut selatan atau samudera Hindia. Dipercaya lubang itu adalah jalan pulang jaka linglung yang berasal dari Laut Selatan yang akan menuju kerajaan Medang Kamulan saat itu jaka linglung setelah mengalahkan Prabu Dewata Cengkar berubah menjadi buaya putih di laut selatan. Konon jaka linglung dapat membuat lubang itu karena jaka linglung dapat menjelma menjadi seekor ular naga, itulah syarat supaya jaka linglung diakui sebagai anak Raden Ajisaka.

Nah demikianlah pembahasan tentang Bledug Kuwu yang berada di Purwodadi Grobogan, penasaran dengan Kawah lumpur tersebut datang saja ke desa Kuwu purwadadi, pasti akan mengagumi bahwa ciptaan Tuhan banyak ragamnya.

No comments:

Post a Comment