Wednesday, November 4, 2015

pengertian, fungsi, dan jenis-jenis jaringan komputer



PENGERTIAN , FUNGSI



dan



JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER


pengertian, fungsi, dan jenis-jenis jaringan komputer



Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer adalah suatu system yang didalamnya terdiri dari dua atau lebih perangkat komputer serta perangkat-perangkat lainnya yang dibuat atau dirancang  untuk dapat bekerja sama dengan tujuan agar dapat berkomunikasi, mengakses informasi, meminta serta memberikan layanan atau service antara komputer satu dengan yang lainnya.





Fungsi Dan Manfaat Jaringan Komputer

Banyak sekali keuntungan yang kita rasakan apabila kita mempunyai sebuah jaringan computer, diantaranya adalah sebagai berikut :

1)      Dapat Menghemat Biaya

Dengan adanya jaringan komputer ini, Anda dapat menghemat biaya untuk kebutuhan perangkat-perangkat peripheral, karena sumber daya yang ada bisa dibagi dan digunakan bersama-sama, salah satu contoh apabila kita mempunyai sebuah printer, printer tersebut dapat digunakan oleh banyak User atau Pengguna.



 



2)      Mempercepat proses sharing data (berbagi data)

Biasanya untuk berbagi data kita menggunakan perangkat tambahan contohnya menggunakan flashdisk, akan tetapi dengan adanya jaringan komputer ini, transfer data akan lebih cepat bahkan dapat menjangkau jarak yang cukup jauh sekalipun. Hal tersebut mempermudah pengguna untuk mendapatkan file data yang diperlukan.

 



3)      Menjaga Informasi agar tetap Up-to-date dan Andal.

Dengan kita membuat jaringan computer dengan system penyimpanan data yang terpusat serta dikelola dengan sangat baik pada computer server, maka pengguna dapat mengakses data dari berbagai tempat yang berbeda, dan dapat membatasi akses ke data tertentu sewaktu data tersebut sedang diproses.

Uraian diatas adalah beberapa fungsi dan manfaat yang bisa Anda peroleh apabila membuat sebuah system computer yang terhubung dengan jaringan, jadi apabila Anda mempunyai lebih dari satu computer dirumah atau dikantor, coba Anda membuat sebuah jaringan agar dapat menghemat pemakaian sumber daya yang dimiliki.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer
1.      Berdasarkan Letak Geografis atau Jangkauannya
Berdasarkan letak geografisnya jenis-jenis jaringan komputer ada 3, yaitu :
a)      LAN (Local Area Network) 

pengertian, fungsi, dan jenis-jenis jaringan komputer

LAN merupakan jaringan yang mencakup wilayah kecil, salah satu contoh adalah jaringan computer yang berada dilingkup sekolah, kampus atau kantor.

b)      MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan sebuah jaringan yang berada di dalam satu kota dengan kecepatan transfer data tinggi yang menghubungkan beberapa kantor tetapi masih dalam satu wilayah kota.

c)      WAN (Wide Area Network)
WAN merupakan jaringan computer yang mencakup area yang sangat luas, salah satu contoh jaringan WAN adalah jaringan antar wilayah, antar daerah, antar kota, atau bisa juga antar Negara.


2.      Berdasarkan Fungsinya
Berdasarkan Fungsinya jenis-jenis jaringan komputer dibedakan menjadi 2, yaitu :
a.       Jaringan Komputer Peer to Peer
Jaringan komputer peer to peer merupakan model jaringan computer dimana dalam jaringan tersebut, setiap computer dapat difungsikan sebagai Client dan juga sebagai Server.

b.      Jaringan Komputer Client Server
Jaringan computer client server merupakan sebuah model jaringan computer dimana salah satu dari computer difungsikan sebagai Server yang bertugas melayani computer lain yang difungsikan sebagai Client.
Jadi dalam model jaringan ini computer server biasanya di desain khusus dan hanya bertugas sebagai penyedia layanan yang dibutuhkan oleh client.


3.      Berdasarkan Topologinya
Berdasarkan Topologinya jenis – jenis jaringan komputer dibedakan menjadi 5, yaitu :

a.       Jaringan Komputer Dengan Topologi Ring
b.      Jaringan Komputer Dengan Topologi Bus
c.       Jaringan Komputer Dengan Topologi Star
d.      Jaringan Komputer Dengan Topologi Mesh
e.       Jaringan Komputer Dengan Topologi Tree

4.      Berdasarkan Media Transmisinya

·         Jaringan Komputer Menggunakan Media Kabel (Wired Network) Jenis jaringan computer ini biasanya menggunakan media kabel sebagai media transmisinya. Jenis jaringan ini disebut juga dengan jenis jaringan yang menggunakan media transmisi terpadu (Guided Transmission Media). Beberapa kabel yang bisa digunakan untuk membuat model jaringan seperti ini, diantaranya 
Kabel Coaxial, Kabel TP (STP dan UTP), serta Kabel Fiber Optic.

·         Jaringan Komputer Tanpa Menggunakan Kabel (Nirkable)

Jenis jaringan komputer ini menggunakan system gelombang sebagai media Transmisinya, jenis jaringan ini juga disebut sebagai jenis jaringan yang menggunakan media transmisi tidak terpadu (Unguided Transmission Media), beberapa contoh media yang bisa digunakan antara lain : Gelombang Mikro, Satelit dan Sinar Infra Merah.


5.      Berdasarkan Distribusi Sumber Transmisi Datanya
Berdasarkan distribusi Sumber Transmisi Datanya jenis-jenis jaringan komputer dibedakan menjadi 2, yaitu :

a.       Jaringan Komputer Terpusat (Host Based Network)
Jenis Jaringan ini biasanya ini biasanya terdiri dari client dan server dimana salah satu komputer client yang berfungsi sebagai perantara untuk dapat mengakses sumber informasi / data yang berasal dari computer server.

b.      Jaringan Komputer Terdistribusi (Distributed Network)
Jenis jaringan yang satu ini merupakan perpaduan antara beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa computer server yang saling berhubungan dengan klient dan membentuk system jaringan tertentu.



Demikian Artikel SANJAYANET ini semoga bermanfaat bagi Anda semua.

SELAMAT MEMBACA . . . . .. .


GOOD LUCK !!!!


No comments:

Post a Comment